Home Berita Sekretariat DPRD Mendapatkan Pendampingan Kearsipan

Sekretariat DPRD Mendapatkan Pendampingan Kearsipan

479
0
SHARE
Foto saat pendampingan kearsipan

SEKRETARIAT DPRD TUBAN – Sekretariat DPRD Kabupaten Tuban mendapatkan pendampiang kearsipan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban. Pendampingan tersebut dilaksanakan di ruang gabungan DPRD Kabupaten Tuban selama 2 hari yakni Senin dan Selasa (19-20/3) dan dibina langsung oleh Kepala Bidang Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tuban.

Ditahun 2018, Bupati Kabupaten Tuban sudah merencanakan harus ada audit arsip, sehingga sebagian OPD di Kabupaten Tuban meminta pendampingan untuk pendalaman kearsipan. Di Sekretariat DPRD Tuban misalnya, bahwa untuk mendalami ilmu kearsipan harus mendatangkan dari Dinas kearsipan supaya nantinya arsip-arsip dapat mudah dicari dengan cepat dan mudah.

Kabid Pengembangan Dispersip Kabupaten Tuban, Wigatin mengatakan tujuan diadakannya pendampingan tersebut adalah supaya tata kearsipan baku dapat diterapkan disetiap OPD seluruh Kabupaten Tuban.

Pendampingan tersebut dilakukan atas permintaan dari OPD tersebut melalui surat masuk di Dispersip sehingga dapat ditindak lanjuti oleh Kabid Pengembangan untuk melaksanakan pendampingan kearsipan supaya dapat mewujudkan 3 hal, yakni mempunyai central file, personal file, dan record center.

Central file tersebut untuk menata arsip aktif dinamis yang masih hidup atau masih digunakan, Sedangkan personal file adalah untuk berkas kepegawaian, dan Record center adalah pusat arsip dimana untuk menyimpan arsip mulai tahun lalu hingga tahun tertua yang dimiliki oleh SKPD tersebut.

“Target kami setiap tahunnya hanya 5 OPD yang kami beri pendampingan, karena banyak surat permintaan dari OPD, sehingga kami memberikan 2 hari untuk pendampingan disetiap OPD, yakni arsip dinamis 1 hari dan arsip in aktifnya 1 hari.” Jelasnya.

Wigatin berharap, setelah di berikan pendampingan tersebut, Pegawai dapat mencari arsip yang di cari dalam waktu singkat, sehingga tidak terlalu banyak membuang waktu kerja yang ada.

“Saya berharap supaya mereka doat mencari arsip dalam waktu 3 detik”, harap wigatin. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here