Home Berita Dok, P-APBD 2023 Disetujui DPRD Bersama Bupati

Dok, P-APBD 2023 Disetujui DPRD Bersama Bupati

0
SHARE

DPRD TUBAN – Rancangan Perubahan APBD (P-APBD) 2023 mendapatkan persetujuan bersama antara Pimpinan DPRD dan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky. Keputusan itu diambil dalam rapat paripurna kesimpulan banggar, pendapat akhir fraksi-fraksi DPRD dan persetujuan bersama tentang P-APBD. Kamis, (14/9/2023).

Penyampaiannya Badan Anggaran (Banggar) DPRD Tuban, P-APBD 2023 dari pendapatan daerah mengalami kenaikan, awal Rp. 3,062 triliun naik Rp. 76 miliar menjadi Rp. 3,139 triliun. Sementara belanja daerah dari Rp. 3,2 triliun menjadi Rp 3,742 triliun. Lalu, Pembiayaan Daerah semula Rp. 208 M naik menjadi Rp. 673 miliar.

Setelah pembacaan kesimpulan dari tim banggar, dari enam fraksi yang bergantian memberikan pandangan, semua sepakat untuk menetapkan raperda rancangan P-APBD. Sehingga akhirnya pimpinan sidang Ketua DPRD Tuban M. Miyadi mengetok palu persetujuan. Lalu pimpinan DPRD Tuban bersama Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky melakukan penandatangan persetujuan bersama rancangan P-APBD 2023.

Ketua DPRD Tuban M. Miyadi mengatakan, usai raperda rancangan P-APBD disetujui, setelah ini akan dimintakan evaluasi dari pemerintah provinsi. Baru setelah mendapatkan evaluasi dan fasilitasi dari provinsi anggaran perubahan 2023 bisa disahkan.

‘’Ini setelah disampaikan ke provinsi masih memakan waktu paling tidak 14 sampai 15 hari, artinya di akhir September baru penetapan,’’ ujarnya.

Timeline yang masih butuh rentang waktu hingga akhir September untuk persetujuan, pihaknya menyebut persetujuan P-APBD 2023 ini cukup terlambat. Jika persetujuan dilakukan di akhir Agustus maka pertengahan bulan ini sudah dilakukan penetapan.

Untuk itu, setelah persetujuan bersama ini, sembari menunggu pengesahan, pihaknya meminta agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Tuban harus menyiapkan diri dari sisi perencanaan penggunaan anggaran. Mengingat bulan di kalender 2023 ini tinggal menyisakan waktu tiga bulan.

‘’Makanya ini harus diperhitungkan dengan baik,’’ tutupnya.

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan, pihaknya bersyukur bahwa semua fraksi menyetujui rancangan P-APBD 2023, meskipun ada beberapa catatan untuk pemkab.

‘’Catatan ini baik untuk kami, karena itu hal yang positif menjadi motivasi mempercepat pembangunan Tuban,’’ ujarnya.

Pihaknya berharap setelah fasilitasi dan evaluasi dari pemprov bisa berjalan dengan lancar.

‘’Percepatan penetapan perda ini menjadi sangat penting, agar pelaksanaan pembangunan bisa lebih cepat dan bisa dirasakan oleh masyarakat,’’ imbuhnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here