Home Berita Ketua DPRD Hadiri OSMB UT Tuban

Ketua DPRD Hadiri OSMB UT Tuban

693
0
SHARE

DPRD TUBAN – Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984 yang saat ini tersedia di 37 Daerah cabang Pendidikan di seluruh indonesia termasuk di Jawa Timur dan Khususnya di Kabupaten Tuban.

Pusat Belajar dan Informasi Universitas Terbuka (PBI-UT) Tuban pada hari ini, Minggu (2/9/2018) melaksanakan kegiatas Orientasi Study Mahasiswa Baru (OSMB) di Gedung Pendopo Kridho Manunggal Tuban dengan di hadiri oleh Ketua DPRD Tuban H. M. H. M. Miyadi, Wakil Bupati Tuban Noor nahar Hussein, dan beberapa Kepala Dinas lainnya serta tamu undangan.

Selain menjabat sebagai Ketua DPRD Tuban, H. M. Miyadi juga menjadi Pembina di UT Tuban. Dalam sambutannya, Miyadi menyampaikan UT Tuban merupakan sarana belajar yang modern karena system pembelajarannya yang mandiri dan online sehingga dapat dilakukan dimana saja tanpa mengganggu pekerjaan.

“Kuliah di UT Tuban bisa di lakukan sambil kerja, karen system perkuliahan yang mandiri dan online sehingga tidak mengganggu waktu kerja” Tutur Miyadi.

Di Universitas Terbuka tersebut Menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Meskipun system belajarnya berbeda dengan kuliah-kuliah yang lain, lanjut Miyadi, tetapi ijazahnya mempunyai derajat yang sama dengan kuliah yang lain dan di akui oleh pemerintah.

Sementara Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein juga menyampaikan hal yang sama dengan yang di sampaikan Miyadi, karena Kuliah di UT berbeda dengan Kuliah-kuliah lain, sehingga UT selain bisa mengikuti tatap muka juga bisa kuliah full online dimana saja bagi yang bekerja di luar Kota.

Wabup juga menekankan kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) supaya di kampus UT nantinya wifinya di perkuat karena ini sebagai salah satu pelayanan Pemkab Tuban untuk melengkapi fasilitas Pendidikan di Tuban.

“Karena UT itu menggunakan system Online, nanti biar saya minta kepada Kominfo untuk memperkuat Wifi di Kampus UT karena ini termasuk bentuk pelayanan Pemerintah”. Tegas Wabup asal PKB itu. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here