Home Berita Hadiri Musrenbang, Sugiantoro : Pokir DPRD Tersirat Harapan Masyarakat

Hadiri Musrenbang, Sugiantoro : Pokir DPRD Tersirat Harapan Masyarakat

0
SHARE
Sugiantoro saat memberikan sambutan DPRD Tuban pada acara Musrenbang Kabupaten Tuban di Pendopo Kridho Manunggal

DPRD TUBAN – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tuban, Sugiantoro menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Tuban di Pendopo Kridha Manunggal, Senin (20/3). Hadir pula dalam acara tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Wakil Bupati Tuban H. Riyadi, Sekda Kabupaten Tuban, Forkopimda, Kepala Bakorwil II Bojonegoro Agung Subagyo, Pimpinan OPD, instansi vertikal, kepala desa, perbankan, perusahaan, dan perwakilan seluruh elemen masyarakat, baik ormas hingga akademisi.

Dalam sambutan Sugiantoro, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) DPRD, maka masyarakat dapat menitipkan aspirasinya melalui anggota DPRD untuk diusulkan dalam kegiatan pembangunan yang teranggarkan dalam anggaran Pemerintah Daerah.

“Secara umum, dalam Pokir DPRD tersirah harapan masyarakat untuk mendapatkan perhatian secara serius terhadap perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan diberbagai bidang” ujarnya

Mengacu pada persentase PAD pada struktur APBD, perlu kiranya diambil langkah strategis, sistematis dan proaktif untuk meningkatkan PAD.

“Langkah-langkah tersebut harus secara simultan dilaksanakan melalui ekstensifikasi pendapatan, intensifikasi pendapatan dan penguatan kelembagaan” tuturnya.

Lanjut Sugiantoro, Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun
2024 tidak bisa terlepas dari Rencana Pembangunan Jangka
Menengah Daerah (RPJMD), dimana RPJMD adalah penjabaran dari
visi, misi, dan program kepala daerah yang penyusunannya
berpedoman pada RPJMD serta memperhatikan Rencana Pembangunan
Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Sugiantoro berharap, pelaksanaan Musrenbang tahun 2023 ini dapat memformulasi RKPD Kabupaten Tuban tahun 2024 yang akan dapat meminimalisir terjadinya perbedaan pandangan antara tuntutan, harapan, kepentingan masyarakat dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Tuban.

“Sehingga akselerasi pertumbuhan ekonomi yang berketahanan dan berdaya saing melalui optimalisasi sektor strategis, penguatan sdm, serta pemenuhan infrastruktur pendukung investasi dapat terealisasi dan berjalan sesuai yang diharapkan” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky menyampaikan kebijakan RKPD Tahun 2024 masih difokuskan pada percepatan pembangunan bidang infrastruktur, Sumberdaya Manusia (SDM), dan pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut mengingat angka kemiskinan yang masih 15,02 persen, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 68,67 persen serta efektivitas infrastruktur berdasar pada konektivitas.

“Kita masih berfokus pada peningkatan SDM, penuntasan kemiskinan berkelanjutan, dan pembangunan infrastruktur,” ujar Mas Bupati muda itu.

Mas Lindra berharap, Musrenbang penentuan RKPD tahun 2024 kali ini bisa mengambil kebijakan yang lebih tepat sasaran dan bisa melakukan percepatan dalam semua sektor yang ada. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here