Home Berita Jelang Penyaluran BPNT, Komisi 4 Kunjungi Dinsos P3A

Jelang Penyaluran BPNT, Komisi 4 Kunjungi Dinsos P3A

348
0
SHARE

DPRD TUBAN – Menjelang penyaluran program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), DPRD Kabupaten Tuban mengunjungi Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A). Dalam kunjungan tersebut diterima oleh Plt. Kepala Dinsos P3A, Joko Sarwono serta Sekdin Emanual S.Y di ruang kerja Plt. Kepala Dinsos P3A. Rabu, (13/1/2021).

Ketua Komisi 4, Hj. Tri Astuti SH mengatakan, diawal tahun ini tepatnya 4 Januari 2021, terdapat sejumlah program yang sudah disalurkan dari Kementrian Sosial berupa Kartu Sembako/BPNT, PKH, dan BST. BPNT sendiri diberikan sesuai dengan database dari Kemensos senilai Rp. 200.000 Perbulan untuk setiap KPM selama setahun dengan dibelanjakan di e-Warung yang ditunjuk oleh Dinsos. Jumlah penerima BPNT Tahun ini adalah 85.196 KPM.

“Jumlah ini mengalami pengurangan dari tahun 2020, yang mana jumlahnya sebanyak 107.207 KPM”. Terang Tri Astuti Ketua Komisi 4.

Selain itu, Penerima BST sendiri menerima Rp. 300.000 per 4 Bulan untuk setiap KPM yang disalurkan melalui PT. POS INDONESIA langsung ke Penerima. Sedangkan untuk penerima program PKH disalurkan melalui Bank (Himbara) dengan target Ibu Hamil, Anak Usia Dini, Anak Sekolah, Penyandang Disabilitas, dan lanjut usia dengan dicairkan 3 Bulan sekali.

Sementara itu, Joko Sarwono Plt. Kepala Dinas Sosial P3A usai menjelaskan bahwa Kabupaten Tuban mengalami pengurangan penerima manfaat sejumlah 21.881 KPM, Komisi 4 meminta agar Operator mengupgrade data yang invalid dari data kependudukan dan tergraduasi sesuai BNBA melalui Sistem Infrmasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) dalam Pusdatin Kemensos.

“Perlu Kerjasama yang baik dengan pihak desa, sehingga dinsos bisa melakukan perbaikan data” Ujar Astuti.

Diketahui, selain program BPNT juga terdapat BPNTD Kabupaten Tuban sejumlah 4.421 KPM dengan nilai Rp. 110.000 berupa Beras 10Kg. Selain itu, saat ini Dinas Sosial juga masih melayani Surat Keterangan Tidak Mampu untuk pengobatan gratis yang diantaranya SKTM Daerah sejumlah 369, SKTM Jampersal 504 serta SKTM Provinsi 21. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here