Home Berita Belajar di Tuban, DPRD Jepara Pelajari Pengelolaan Infrastruktur dan Tata Ruang

Belajar di Tuban, DPRD Jepara Pelajari Pengelolaan Infrastruktur dan Tata Ruang

54
0
SHARE

DPRD TUBAN – DPRD Kabupaten Jepara dalam melaksanakan Kunjungan Kerja di DPRD Kabupaten Tuban belajar mengenai Pengelolaan serta Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur dan Tata Ruang (Terkait Pelabuhan). Dalam kunjungan kerja tersebut diterima oleh Sri Hidahati Kabag. Humas dan Antar Lembaga DPRD Tuban dan didampingi pihak dari Dinas PRKP dan juga Dinas PUPR Kabupaten Tuban.

Kholiq, salah satu anggota dewan dari DPRD Jepara menanyakan hal yang menjadi pembeda jalan poros desa sehingga jalan yang dimaksud dikatakan jalan poros desa.

“Apakah ada perbup yang mengatur jalan tersebut, atau keputusan dari Dinas PUPR atau bagaimana?” tanya kholiq.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Edi Kartono dari Dinas PUPR menjelaskan, bahwa jalan poros desa ditetapkan dengan SK Bupati. Kriteria jalan poros desa yang dimaksud adalah jalan yang menghubungkan antar desa satu ke desa lain dan jalan yang menghubungkan ke Kecamatan.

“Kami sangat berhati-hati karna terkait dengan pemeriksaan BPK. Kalau tidak ada SK kan berarti tidak boleh” jlentreh Edi.

Selain itu, Anggotab DPRD Jepara yang lain juga menanyakan tenyang Pelabuhan di Kabupaten Tuban. Pertanyaan yang diajukan diantaranya jumlah Pelabuhan di Tuban, apakah pelabuhan sudah modern, serta kontribusi kendaerah dari pelabuhan tersebut.

Menanggapi pertanyaan tersebut, jumlah Pelabuhan yang ada dituban terdapat 5 Pelabuhan Khusus, 6 Pelabuhan Ikan, dan 3 Pelabuhan masih tahap perencanaan.

Pelabuhan khusus diantaranya Pelabuhan PLTU Tanjung awar-awar, Pelabuhan Semen Indonesia, Pelabuhan TPPI, Pelabuhan Multi Baja, serta pelabuhan Semen Holcim yang saat ini menjadi aset PT. Semen Indonesia.

Sementara pelabuhan ikan diantaranya Pelabuhan TPI Bancar, TPI Palang, TPI Glondong Gede, TPI Jenu, dan TPI Karangagung. Selain itu Kabupaten Tuban merencanakan pembangunan pelabuhan yang besar untuk mendukung atau melayani semua industri di Kabupaten Tuban, selain itu juga akan membangun pelabuhan Regional baik barang maupun penumpang. Serta akan membangun Pelabuhan pengumpan lokal dimana hanya untuk melayani antar pelabuhan di Kabupaten Tuban. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here