Home Berita Ketua DPRD Tuban Buka Pelatihan Optimalisasi Website Desa

Ketua DPRD Tuban Buka Pelatihan Optimalisasi Website Desa

266
0
SHARE

DPRD TUBAN – Ketua DPRD Tuban, H. M. Miyadi membuka acara Pelatihan Optimalisasi Website Desa yang diselenggarakan oleh PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban dengan diikuti oleh sejumlah Perangkat dan Operator Website Desa disekitar Ring 1 PT. SI, Senin (17/12/2019).

Pelaksanan pelatihan dilakukan di ruang rapat paripurna gedung DPRD Tuban selama dua hari mulai hari ini, Senin dan selasa, (16-17/12/2019). Selain itu juga dilakukan penandatanganan bersama kesepakatan pengoptimalan Website desa atas nama Bupti Tuban, Ketua DPRD Tuban, PT Semen Indonesia dan peserta pelatihan.

Ketua PWI Tuban, Pipit Wibawanto menyampaikan, pelatihan ini selain memberikan pemahaman tentang bagaimana fungsi dan kegunaan website desa, juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi melalui website dengan tepat dan menarik.

“Bahkan bisa menyajikan informasi berita desa dengan baik dan benar,” jelas Pipit.

Pipit menambahkan, kompetensi yang diharapkan setelah melakukan pelatihan ini adalah peserta pelatihan menjadi mampu dan memiliki keahlian dalam mengoperasikan website desa. Serta mampu mengupload informasi tentang desa serta menyiarkan hasil program unggulan desa.

“Ini adalah bagian dari usaha Semen Indonesia bersama awak media di Tuban untuk memberikan edukasi kepada perangkat desa yang menjadi operator website desa. Selain bisa menjalankan operasional pelayanan juga bisa memberikan informasi di desa,” bebernya.

Senior Manager of Public Relation dan CSR Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo mengatakan, website desa harus lebih dioptimalkan lagi. Tidak hanya sebagai sumber berita atau informasi data desa saja. Namun, bisa juga digunakan sebagai sarana promosi potensi desa.

“Jika desa mempunyai wisata maupun produk unggulan desa juga bisa dipromosikan melalui website ini,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Setiawan, website desa juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara Pemerintah Desa dengan warga masyarakat. Misalnya, didalam website tersebut diberikan kolom saran dari masyarakat untuk Pemdes.

“Bisa juga di dalam website itu diberi from-from administrasi kependudukan. Jadi website desa itu sangat banyak manfaatnya. Untuk itu mari kita optimalkan website desa ini,” Ajak pak Iwan.

Sementara itu, Ketua DPRD Tuban H. Miyadi, mengapresiasi kegiatan tersebut karena mampu meningkatkan kemajuan desa dalam optimalisasi website. Ia pun meminta agar para desa terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman di era Industrialisasi 4.0

“Kita minta agar desa terus berinovasi, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya melalui optimalisasi website desa,” ucapnya mengenai pelatihan yang digagas PT Semen Indonesia dan PWI Tuban. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here