Home Berita Komisi B Belajar Pengelolaan Pasar Di Madiun

Komisi B Belajar Pengelolaan Pasar Di Madiun

151
0
SHARE

DPRD TUBAN – Kunker komisi B melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Madiun dan Kabupaten Ngawi (23/4). Dalam kunjungan yang diketuai oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Tuban, H.Rasmani, rombongan diterima Ketua komisi II DPRD Kota Madiun, Ngedi Trisno Yhusanto, SH.M.Hum.Kali ini Komisi B membahas materi bagaimana sistem pengelolaan pasar di Kota Madiun dan bersumber dari mana dana untuk pengelolan pasar.

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Madiun, Gaguk Hariyono, menjelaskan dalam strateginya membentuk Tim yang mencakup Satgas Pangan. Tim ini bertugas mengecek harga kebutuhan barang pokok di Pasar Besar Madiun.

Selain itu OPDnya bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Madiun melalui sebuah Gerakan Kembali ke Pasar dengan aksi mempromosikan pasar tradisional yang bertujuan meramaikan pasar tradisional, supaya pasar tradisional tetap hidup dan tidak kalah dengan pasar modern, Selain itu, kerjasama tersebut juga dengan memberikan layanan internet gratis tersebar di 19 pasar tradisional di Kota Madiun

Sementara itu kunker komisi B ke DPRD Ngawi diterima Sekwan Ngawi Sunarto. Dalam penjelasannya disampaikan bahwa Kabupaten Ngawi melalui Gabungan kelompok tani (Gapoktan) Tani Makmur dari Desa Kartoharjo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi menyabet penghargaan sebagai Gapoktan teladan tingkat nasional. Gapoktan Tani Makmur memiliki berbagai program unggulan, salah satunya yaitu pembuatan pupuk NPK organik.

Produksi pupuk tersebut, sudah dilakukan uji laboratorium dengan menggandeng universitas negeri di Solo dan Malang. Selain itu kerja sama dengan pihak swasta juga dilakukan guna meningkatkan nilai tawar pupuk NPK. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here