Home Berita DPRD Mensupport Program Literasi dan Budaya Baca di Tuban

DPRD Mensupport Program Literasi dan Budaya Baca di Tuban

753
0
SHARE

DPRD TUBAN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban menerima bantuan mobil dari Perpustakaan Nasional RI. Bantuan Mobil tersebut diserahkan oleh Bupati Kabupaten Tuban H. Fatkhul Huda kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban usai Upacara bendera 17-an dan Memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Halaman Pemkab Tuban. Senin (18/2/2019).

Sebelumnya, Komisi C DPRD Kabupaten Tuban telah melaksanakan kunjungan kerja di Perpustakaan Nasional RI bersama dengan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban beserta Stafnya, Rabu (17/10/2018). Pada saat itu juga, telah diterimakan secara symbolis bantuan mobil Perpustakaa dari Perpustakaan Nasional kepada Dinas Perpustakaan Tuban.

Pimpinan DPRD Saat menerima bantuan mobil perpustakaan secara symbolis

Dalam kunjungan tersebut Ketua DPRD Tuban, H. M. Miyadi, S.Ag, MM menyatakan bahwa DPRD mensupport usaha perpustakaan Kabupaten Tuban yang terus berbenah dan juga berinovasi dalam merebut hati masyarakat untuk membudayakan gemar membaca. Dengan kondisi di Kabupaten Tuban yang terdiri dari 20 kecamatan dan banyak desa yang cukup jauh untuk menjangkau ke perpustakaan maka ini menjadi tantangan tersendiri bagi OPD pelaksana.

“Dengan bantuan mobil ini maka Perpustakaan akan lebih menjangkau ke pelosok-plosok desa dalam mengembangkan minat budaya baca” ujar miyadi.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Joko Priyono bahwa perpustakaan di Kabupaten Tuban sudah bergerak dan sudah ada perkembengan yang menggemburakan. Sebelumnya masyarakat yang hadir di perpustakaan rata-rata hanya 50 orang per hari sekarang sudah mencapai 500 sampai 1000 orang.

“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk mengembangkan berbagai kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat” ungkap joko

Kegiatan tersebut antara lain dengan sistem jemput bola dengan membuat perpustakaan keliling. Untuk wilayah desa yang sulit dijangkau digunakan armada sepeda motor.

Bupati Tuban saat penyerahan mobil perpustakaan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tuban, Hj. Tri Astuti saat dikonfirmasi Bagian Humas DPRD. (red.) mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional RI Kepada Dinas Perpustakaan Kabupaten Tuban karena Mobil Perpustakaan Keliling tersebut sangat dibutuhkan untuk menjangkau daerah-daerah pelosok guna memenuhi sumber literasi sebagai bahan bacaan untuk menambah pengetahuan.

“Kami masih terus mengupayakan agar diseluruh kecamatan di Kabupaten Tuban berdiri Perpustakaan. Sehingga pemenuhan sumber bacaan bisa menjangkau seluruh pelosok di Kabupaten Tuban” Ujar Astuti Politisi asal Partai Gerindra itu.

Lebih lanjut, Astuti bukan hanya akan memperjuangkan Gedung Perpustakaan saja, namun juga kemudahan dalam mengakses bahan baca dengan berinovasi melalui perkembangan Teknologi dibidang IT. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here