Home Berita DPRD Tuban Gelar Bimtek di Universitas Islam Malang

DPRD Tuban Gelar Bimtek di Universitas Islam Malang

240
0
SHARE

DPRD TUBAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban terus berupaya meningkatkan kualitas kinerja guna menunjang tugas dan fungsinya. Untuk itu, DPRD Tuban menggelar bimbingan teknis (Bimtek) yang Bertempat di Hotel Aria Gajayana Malang, Senin (26/2).

Dengan menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Malang (LPPM Unisma) mengusung tema Peningkatan Kapasitas DPRD Dalam Implementasi Renja Berbasis Kinerja.

Mengawali sambutannya ketua DPRD Tuban, H.M. Miyadi S.Ag, MM mengatakan kegiatan ini upaya untuk peningkatan sumber daya anggota DPRD guna membangun Tuban lebih transparan, lebih akuntabel, lebih maju demi mencapai Tuban yang lebih sejahtera dan makmur.

Ada tiga poin penting dalam materi bimtek yakni tentang penyusunan LKPJ (laporan Keterangan Pertanggungjawaban), kedua tentang penyusunan pokok – pokok pikiran DPRD dalam Renja Berbasis Kinerja dan ketiga tentang  manajemen reses bagi anggota DPRD dalam menjaring aspirasi konstituen.

“Tiga poin penting ini harus menjadi perhatian kita,”. Ujar miyadi

Peran legislatif dan eksekutif, sambung ketua, menjadi bagian utama dalam membangun Kabupaten Tuban lebih maju, berkembang dan lebih baik. Berkaitan dengan itu kualitas daerah akan nampak jika ditunjang dengan kualitas sumber daya manusia khususnya di jajaran legislative. Sejauhmana peran dan fungsi legislative dalam mengawal kebijakan pemerintah bisa menjadi ukuran dalam perkembangan sebuah daerah.

“DPRD dan Kepala Daerah punya kedudukan yang sejajar sehingga bersifat kemitraan. Artinya DPRD dan Kepala Daerah punya tanggung jawab yang sama dalam pelaksanaan pembangunan,” urai Miyadi.

Selain apa yang menjadi poin penting tadi, ia menghimbau kepada segenap anggota DPRD Tuban untuk segera menindaklanjuti apa yang menjadi harapan konsituen dalam reses. Tak hanya itu DPRD Tuban juga harus mensukseskan program dari Bappeda Tuban tentang E-Planning. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here