Home Berita Dalami Usaha Pengembangan Perikanan Komisi B Ke Ujung Timur Pulau Jawa

Dalami Usaha Pengembangan Perikanan Komisi B Ke Ujung Timur Pulau Jawa

409
0
SHARE

DPRD TUBAN – Komisi B lakukan kunjungan ke DPRD Kabupaten Banyuwangi dan Jember dalam rangka studi banding masalah perikanan(16/1). Romnongan yang diketuai Rudi Harianto, dalam kunjungannya banyak menggali tentang berbagai usaha yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuwangi dalam rangka mengembangkan usaha perikanan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab.Banyuwangi,Ir.Hary Cahyo yang ikut menerima rombongan menjelaskan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten paling Timur dari Wilayah Propinsi Jawa Timur. Secara geografis Banyuwangi tidak berbeda jauh dengan Tuban karena memilki wilayah pantai yang potensial. Garis pantai Banyuwangi lebih panjang dari Tuban yakni sekitar 175,8 km yang membujur sepanjang batas selatan timur, serta memiliki pulau sejumlah 10 buah.

Di KabupatenBanyuwangi dalam usaha pengelolaan TPI dilakukan berbagai upaya dalam kerangka pengentasan kemiskinan. Kegiatan proyek tahun-tahun sebelumnya dilakukan upaya penguatan kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB), pelatihan  maupun melalui fasilitasi pemberian paket dengan sistem bergulir. Diantaranya adalah paket palkanisasi kapal perikanan, paket bergulir keramba jaring apung, pelatihan pengolahan ikan bagi wanita nelayan serta bantuan sarana pengolahan ikan.

Upaya-upaya tersebut secara riil sesungguhnya lebih menyentuh pada upaya meningkatkan aspek manajemen dan kinerja produksi baik kualitas maupun kuantitasnya, yang pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi. Dalam tataran tersebut,  dirasakan telah membawa perubahan yang cukup memadai. Namun diakui oleh Hari Cahyo, ada aspek lain yang belum tertangani dan teratasi, yaitu aspek pemasaran produk-produk perikanan yang dihasilkan.

Bagi Banyuwngi ini merupakan PR besar karena aspek pemasaran teramat penting karena menjadi titik kunci pengembangan suatu produk dan pertumbuhan suatu kawasan. Semakin besar peluang pemasaran suatu produk, semakin besar pula produk tersebut untuk berkembang, dalam skala yang lebih besar akan membuka peluang semakin berkembang perekonomian di kawasan yang bersangkutan.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Tuban ini merupakan wawasan penting yang nantinya akan disampaikan kepada eksekutif. Karjo berharap potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tuban dapat segera dikembangkan dalam kerangka usaha pengentasan kemiskinan. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here