Home Kegiatan DPRD Tuban KUNJUNGAN KERJA KOMISI C DPRD KABUPATEN TUBAN KE BNPB JAKARTA

KUNJUNGAN KERJA KOMISI C DPRD KABUPATEN TUBAN KE BNPB JAKARTA

558
0
SHARE

DPRD TUBAN – Komisi C DPRD Kabupaten Tuban, Rabu (13/10), melakukan kunjungan kerja ke kantor BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pusat Jakarta. Rombongan yang diketuai oleh H. A. Fanani Wakil Ketua DPRD diterima dengan baik oleh Bapak Teguh Harjito, S.Si Kepala Sub. Bidang pengelolaan Data Statistik.

Dalam Kunjungan Kerja Komisi C di sampaikan oleh ibu Mar’atun Sholikhah, SH menanyakan program kerja BNPB Pusat terutama dalam penanganan bencana yang sering trerjadi. Khusus untuk Tuban, program apa saja yang bisa diberikan mengingat Tuban juga sering kali terjadi bencana banjir.

Dijelaskan oleh Bapak Teguh Harjito, S.Si program dilakukan BNPB diantaranya adalah pemantauan terhadap kondisi alam yang ada diwilayah Indonesia untuk mendeteksi wilayah-wilayah yang berpotensi bencana, sehingga dapat dilakukan Perencanaan penanganan dan langkah-langkah preventif.

Program lainnya adalah persiapan program sekolah D3 khusus Penanggulangan Bencana diharapkan mencetak tenaga yang memiliki skill maksimal sehingga proposional dalam melaksanakan baik evakuasi maupun rehabilitasi. Itu diperlukan karena penanganan korban bencana membutuhkan gerakan cepat, tanggap, dan tepat.

Pengelolaan bantuan logistic mengacu kepada peraturan kepala BNPB Nomor 13 Tahun 2008 tentang pedoman manajemen logistik dan peralatan penaggulangan bencana (Perka BNPB No 13/2008). Bantuan logistik diselenggarakan dengan menggunakan mekanisme sebagai berikut : perencanaan, pengadaan, pendistribusian.

Di Kabupaten Tuban terkait dengan bantuan sarana dan prasarana barupa  fasilitas dasar, sedangkan peralatan baru berupa mobil tangki air, sepeda motor trail, dan perahu karet beserta mesin. Ini mengingat dituban bencana yang ada bukan berskala besar.

Untuk program bantuan kepada Pemkab Tuban belum dirasa sangat urgen karena sekala bencana yang tidak besar dan dianggap masih bisa diatasi oleh pemerintah daerah sendiri. (Adm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here